Sabtu, 26 Desember 2015

Wisata Ke Taman Bunga Tulip Keukenhof - Lisse

WisataBelanda.Blogspot.Com Salah satu ikon pariwisata Belanda adalah taman bunga tulip Keukenhof. Sebenarnya Keukenhof bermakna 'taman dapur' dalam bahasa Belanda-nya. Tetapi di taman bunga ini para wisatawan akan menjumpai hamparan taman indah yang umumnya ditumbuhi bunga-bunga tulip aneka rupa.

Setiap tahun, taman ini akan ramai dikunjungi para pelancong yang datang dari berbagai negara. Para wisatawan Indonesia yang pergi ke Belanda pada pertengahan bulan Maret sampai pertengahan bulan Mei juga akan dapat menikmati kuntum-kuntum tulip yang sedang bermekaran. Saat ini Belanda adalah pengekspor terbesar bunga potong jenis tulip. Salah satu tempat produksinya adalah di Keukenhof yang terdapat di Kota Lisse ini.

keukenhof selalu menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara
Keukenhof menarik minat jutaan turis ke Belanda setiap tahunnya

Taman bunga tulip Keukenhof sangat mudah dijangkau dari tempat atau kota-kota wisata lainnya di Belanda. Sebut saja jika para turis berada di Amsterdam, maka dengan menaiki bis jalur 197 dan dilanjutkan dengan naik bis Keukenhof Express di bandara Schipol dengan waktu 30 menit saja sudah tiba di parkiran taman bunga indah ini. Di Amsterdam, naiklah bis ini dari Amsterdam Centre, atau di Leidsplein, Rijksmuseum, atau Museumplein.

Untuk para wisatawan yang sedang berada di Noordwijkerhout, Den Haag, Wassenar atau Nordwidjk dan Katwidjk, dapat menaiki bis jalur 90. Sementara untuk turis yang mulai dari Kota Leiden, pergilah ke Central Station (sebuah stasiun pusat Kota Leiden di mana di sana terdapat kereta api, bis, dan trem). Kemudian naik bis jalur 854. Jika dari Kota Harleem, naiklah ke bis jalur 50.
Canasta tulip

Pertama-tama masuk ke pintu gerbang, maka pemandangannya tampak biasa saja. Pintu masuk beratap rendah dengan bentuk prisma ini jika pada masa puncaknya akan dipenuhi antrean pengunjung. Di bagian pintu masuk akan disediakan peta taman Keukonhof secara gratis. Peta taman bunga tulip Keukenhof juga dapat diminta secara gratis saat pembelian tiket, atau di beberapa tempat di bagian dalam taman.

Walaupun Keukenhof luasnya sekitar 32 hektar, (luas sekali kan), semuanya dipenuhi aneka warna indah bebungaan beragam jenis tulip dan bunga-bunga lainnya. Walaupun demikian, tentunya hamparan bunga tulip yang diatur dalam lajur-lajur artistik itu jauh lebih dominan. Pohon-pohon besar yang rindang juga akan menaungi lintasan-lintasan untuk tempat jalan kaki pengunjung taman. Sederetan bangku-bangku juga ditawarkan untuk sekedar duduk saat mengitari keluasan Keukenhof atau menikmati pemandangan yang luar biasa itu.
taman bunga tulip di belanda keukenhof luasnya 32 hektar dan menarik banyak wisatawan setiap tahun
Canasta tulip sedang mekar penuh

Jika anda membawa barang-barang yang cukup banyak dan agak menyulitkan untuk dibawa berjalan-jalan mengelilingi taman, maka gunakanlah fasilitas locker gratis di bagian pintu saat mau masuk ke dalam taman Keukenhof.

Karcis masuk dapat dibeli secara online dengan nominal 16 Euro untuk dewasa, 8 Euro untuk anak usia 4 - 8 tahun. Anak-anak di bawah 3 tahun gratis. Jika wisatan membeli tiket masuk secara group (paling sedikit 20 orang), maka akan dapat potongan harga sehingga harganya hanya 13,5 Euro per orang.

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk menikmati keindahan taman bunga tulip Keukenhof ini, yaitu dengan jalan kaki (disediakan tour guide gratis mulai jam 14.00 waktu setempat), dengan bersepeda, atau dengan menaiki perahu.

Jika wisatawan menikmati Keukenhof dengan jalan kaki, maka mereka tidak akan dipungut biaya tambahan. Berbeda dengan bersepeda, di mana sepeda harus terlebih dahulu disewa. Begitu pula dengan boat tour (tur perahu) melintasi seantero bagian taman pada kanal-kanalnya selama 45 menit dengan biaya tambahan 8 Euro/orang/dewasa, 4 Euro untuk anak-anak usia 4-11 tahun, 3 tahun atau lebih muda gratis.
keindahan bunga tulip banyak memikat wisatawan untuk datang ke belanda
titik-titik gerimis pada sekuntum tulip

Ketiga cara menikmati Keukenhof ini akan memberikan pengalaman yang berbeda tentu saja. Jika turis ingin berjalan-jalan maka ia bisa lebih dekat dengan kuntum-kuntum bunga tulip, duduk-duduk di bangku atau bahkan rebahan di hamparan rumput hijau yang ada di sekitar bedengan rumpun-rumpun bunga.

Untuk wisatawan yang memilih bersepeda, telah tersedia jalur khusus sepanjang 5 km, 25 km, atau 35 km. Pasti puas menggenjot sepeda dan mengekplorasi seluruh bagian taman bunga ini tanpa terlalu lelah berjalan kaki.

wisata ke taman bunga tulip di keukenhof lisse
salah satu bagian Keukenhof dari sisi pinggir kanal
Keukonhof dengan 7 juta kuntum bunga, 800 lebih varietas tulip plus bunga lainnya memberikan kesempatan kepada turis untuk menyentuh dan mencium aroma bunga tulip yang sedang mekar. Berfoto-foto ria sambil selfie dan upload hasilnya ke media sosial juga sangat mudah karena seluruh areal taman bunga ini terdapat sinyal WiFi gratis. Mata akan berekreasi melihat hijaunya dedaunan pohon-pohon besar dan aneka warna bunga-bunga tulip, hyacinths dan lainnya.

Jika perut sudah mulai keroncongan dan sudah waktunya makan, wisatawan akan dimanjakan dengan 5 paviliun yang menjual aneka makanan dengan gayanya masing-masing. Dari bagian paviliun ini juga terdapat atraksi-atraksi unik yang disajikan kepada pengunjungnya. Oh ya, di seantero taman juga dapat ditemukan penjual waffel dan poffertjes yang hangat.  Setelah selesai makan, jangan lupa membeli oleh-oleh berupa kuntum-kuntum bunga tulip segar yang dipotong dari taman dan beragam bibit bunga-bungaan yang tumbuh di Keukenhof.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...