Kamis, 17 Desember 2015

Menelusuri Kehidupan Rembrandt di Leiden

WisataBelanda.Blogspot.Com Tahukah anda siapa Rembrandt van Rijn atau Rembrandt Harmenzson van Rijn? Ya, tepat sekali. Rembrandt adalah seorang pelukis yang sangat terkenal. Jika anda berwisata di Belanda (Netherlands) dan singgah di Kota Leiden, maka berarti anda sedang berada di kota tempat Rembrandt di lahirkan.

Banyak penduduk di Leiden sangat membanggakan kebesaran nama pelukis Rembrandt van Rijn. Bahkan, jika anda perhatikan, beberapa hotel memasang replika lukisan Rembrandt yang merupakan masterpiece (karya terbaik)-nya yang berjudul Night Wacth (Jaga Malam). Replika Night Watch sering dipajang di lobby hotel sehingga dengan cepat para pengunjung hotel akan ingat bahwa di Kota Leiden-lah sang maestro dilahirkan. Night Watch dilukis oleh Rembrandt pada tahun 1642.

Adalah wajar jika Rembrandt selalu ada di hati orang Belanda karena ia merupakan pelukis besar dalam sejarah seni di Eropa. Rembrandt yang terlahir pada tanggal 15 Juli 1606 sangat piawai memanipulasi objek dalam lukisannya yang terekspos oleh cahaya untuk menghadirkan efek-efek tertentu yang unik. Ia berkontribusi besar dalam perkembangan seni rupa pada abad ke-17.

Rembrandt adalah seorang pelukis Belanda yang terkenal pada jaman keemasan (Golden Age) di abad ke-17, ia terkenal hingga dianggap penting dalam perkembangan seni rupa di Eropa pada jamannya. karya terbesarnya adalah Night Watch (Jaga Malam)
salah satu dari sekian banyak lukisan diri Rembrandt
Ketika mengekplorasi Kota Leiden yang kental dengan nuansa sejarah itu, wisatawan akan diajak pula mengunjungi tempat di mana Rembrandt dilahirkan. Walaupun kini rumah tempat di mana Rembrandt dilahirkan sudah tidak ada karena telah dihancurkan (oleh karena ketidaktahuan), tetapi di tempat tersebut telah dibangun monumen berupa patung seorang anak laki-laki yang sedang melukis, yaitu Rembrandt.

Selain itu, tak jauh dari tempat di mana dulunya rumah Rembrandt van Rijn dilahirkan dan tumbuh, juga terdapat sebuah kincir angin yang merupakan replika dari kincir angin dulunya digunakan ayah Rembrandt untuk menggiling jagung (corn windmill). Kincir angin ini tentu tidak digunakan lagi sekarang. Ayah Rembrandt bernama Harmen van Rijn dan ibunya yang seorang anak tukang roti bernama Comelia (atau Neeltgen) Willemsdochter van Zouytbrouck. Menilik dari nama keluarga ayahnya yang van Rijn itu, menunjukkan bahwa mereka telah lama berdiam di dekat sungai Rhine yang mengaliri Kota Leiden itu.

Night Watch adalah karya masterpiece dari pelukis Belanda yang sangat terkenal dengan permainan cahaya dan warna, yaitu Rembrandt van Rijn
replika Night Watch karya Rembrandt di dinding lobby sebuah hotel di Leiden-Netherlands
Jangan kaget, jika anda berwisata di Netherlands, anda akan banyak menemukan museum bahkan dengan tempat yang saling berdekatan. Oh ya, di Leiden paling tidak ada 13 museum yang sangat menarik untuk dikunjungi. Orang Belanda memang menghargai sejarah bahkan melebihi sains (begitu kata seorang Belanda kepada saya). Dan, untuk melengkapi tur perjalanan wisata anda untuk mengenal lebih jauh tentang Rembrandt, ada baiknya anda juga mengunjungi sebuah museum yang lain, yaitu Museum De Lakenhal yang juga menyimpan beberapa karya Rembrandt.

Pada akhir hayatnya, Rembrandt mengalami kebangkrutan. Mungkin karena hobinya mengumpulkan lukisan dan barang antik untuk referensi karyanya. Ia meninggal dan dikuburkan di Westerkerk yang kini tak diketahui lagi tepatnya di mana.

Ingin tahu lebih jauh tentang wisata di Belanda?
Mengenal Negeri Belanda
Volendam, Desa Nelayan Belanda yang Indah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...