Kamis, 17 Desember 2015

Melancong Ke 12 Provinsi di Belanda

WisataBelanda.Blogspot.Com Membicarakan tentang tempat-tempat wisata di negeri bunga tulip memang tak akan ada habisnya. Ada banyak hal yang bisa menarik banyak kalangan wisatawan. Jika kita memang ingin mengeksplorasi secara lebih detil dan menyeluruh bagaimana keindahan Netherlands, maka sebaiknya anda mengunjungi ke-12 provinsi yang terdapat di Belanda. Apa saja ke-12 propinsi di Belanda itu dan apa pula keunikannya? Mari kita simak uraiannya berikut ini.

kincir angin adalah ikon khas Belanda

Noord-Holland (Holland Utara)

Noord-Holland adalah sebuah provinsi yang sangat ramai. Kota Amsterdam yang sudah pasti sering kita dengar namanya ada dalam wilayah provinsi ini. Selain itu juga ada Kota Harleem, Edam dan Alkmaar yang merupakan destinasi wisata yang tak kalah menarik. Amsterdam adalah "ibukotanya" Holland. Edam dan Alkmaar adalah kota penghasil keju di Belanda. Dan, tentu jangan lupakan keindahan desa pelabuhan nelayan Volendam yang permai. Ada pula pantai-pantai dengan bukit-bukit pasirnya yang cantik di Zandvoort, Bergen aan Zee, dan Petten.Jadi mengunjungi provinsi Noord-Holland adalah sebuah kewajiban jika kita memang memutuskan untuk pergi wisata ke Belanda.

Zuid-Holland (Holland Selatan)

Provinsi Zuid-Holland juga memiliki deretan kota yang terkenal di kalangan wisatawan. Banyak turis pergi ke Zuid-Holland untuk mampir ke kota-kota seperti Den Haag (The Hauge), Rotterdam, Scheveningen dan Noordwijk dengan tepi lautnya yang indah. Kita juga bisa mengunjungi Kota Leiden dan Delft yang penuh sejarah, serta Keukenhoff yang penuh ladang bunga tulip di musim semi.

Utrecht

Meskipun Utrecht memiliki luas wilayah paling kecil dari 11 provinsi lain di Netherlands, jangan biarkan Utrecht terlewatkan dalam list destinasi wisata anda. Mengapa? Karena justru Utrecht dikenal sebagai tempat tersimpan harta karunnya budaya Belanda. Saking kecilnya wilayah propinsi Utrecht yang mempunyai ibukota provinsi dengan nama yang sama: Utrecht, anda akan dapat melihat seluruh wilayahnya dengan menaiki Dom Tower, mulai dari penjuru kota hingga kastil-kastil cantik, danau-danau yang membiru dan kehijauan hutan di kejauhan. Begitu banyak atraksi wisata yang menarik bagi turis di Utrecht, hingga seminggu-pun anda berada di sana takkan cukup waktu untuk mengekplorasinya secara mendalam. Jadi, pandai-pandai merancang jadwal dan buat list tempat yang paling ingin anda kunjungi.

Gelderland

Berbalikan dengan Utrecht, Gelderland justru merupakan provinsi terluas di Belanda. Mampirlah ke Gelderland untuk mengunjungi kota-kota utamanya yang menjadi tempat berkumpulnya para wisatawan seperti Rivierenland, sebuah kota dengan sungai-sungainya yang berkelok-kelok sehingga ia dijuluki Land of Rivers. Atau, Kota Achterhoek yang banyak memiliki kastil-kastil yang indah peninggalan masa lampau. Jangan lupa sempatkan mengunjungi keindahan alam di Veleuwe dan kota bersejarah seperti Arnhem dan Nijmegen.

North Brabant

Di provinsi North Brabant, turis bisa mengunjungi Taman Nasional De Biesbosch, sebuah area yang berair di mana di tempat ini tumbuh beragam tumbuhan khas Belanda dan kehidupan satwa liar yang dilindungi seperti aneka burung air. North Brabant sendiri penuh dengan atraksi untuk wisatawan yang suka petualangan modern seperti roller coaster dan sejenisnya, hingga taman-taman kotanya yang indah. Oh ya, di sinilah pelukis tenar Belanda Vincent van Gogh (tidak sejaman dengan Rembrandt) dilahirkan. Karena itu, bagi anda yang ingin berwisata sekaligus menelusuri jejak-jejak kegiatan seni van Gogh dapat mengunjungi beberapa museum yang ada di North Brabant.

Zeeland

Suka kombinasi pantai berpasir dan sejarah? Maka datanglah ke provinsi Zeeland. Pada musim panas tempat ini sangat pantas untuk dikunjungi oleh wisatawan. Pasir pantainya yang bersih membuat anak-anak nyaman bermain. Kita juga dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti museum maritim (kelautan) yang ada di Zeeland.

Groningen

Kota Groningen adalah ibukota dari provisi Groningen. Suasananya sangat cocok untuk dinikmati sambil berjalan-jalan dan bersepeda. Kehidupan kota pelajar ini memberikan suasana yang berbeda. Ada banyak toko-toko untuk berbelanja suvenir di Groningen. Bahkan, jika anda ingin berenang, datanglah ke Groningen pada saat matahari cerah. Di Groningen ada banyak atraksi wisata air termasuk beragam olahraga air yang juga diminati penduduk lokal.

rumah kotak di Rotterdam
arsitektur unik di Groningen

Friesland

Propinsi Friesland sangat tipikal dengan sungai, danau, kanal-kanal dan parit. Keindahan provinsi Friesland terletak pada bagian-bagian kotanya yang dialiri banyak perairan. Kota air ini menawarkan keunikan tersendiri bagi pelancong.

Drenthe

Suka dengan hamparan padang yang menghijau sambil bersepeda menikmati hembusan angin sepoi dengan landscape Eropa, Drenthe adalah tempatnya. Tersedia jalur sepeda sepanjang 1.400 kilometer.

bersepeda dengan pemandangan memesona dan menghijau

Flevoland

Flevoland adalah provinsi termuda di antara provinsi-provinsi lain yang ada di Belanda. Ada banyak atraksi pariwisata yang dihadirkan di tempat ini.

Overijssel

Pemandangan yang menghijau dari padang-padang rumput sangat cocok dinikmati dengan berjalan kaki atau bersepeda. Overijssel adalah tempatnya.

Overijssel memberikan suasana damai

Limburg

Provinsi ini terletak di wilayah paling selatan Belanda. Daerahnya mempunyai pemandangan alam sangat cantik. Pemandangan alam di Limburg sangat berbeda dari ke-11 provinsi lainnya. Limburg adalah satu-satu provinsi di Netherlands yang kontour tanahnya berbukit-bukit. Jadi beda sekali dengan daerah lainnya yang sangat datar dan terletak sangat rendah dari permukaan air laut. Di sini ada banyak atraksi wisata seperti museum dan gedung-gedung tua. Ada pula karnaval yang selalu diadakan setiap tahun.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...