Rabu, 16 Desember 2015

Wisata dengan Sepeda di Belanda

WisataBelanda.Blogspot.Com Kriiinggg.... Krrriiiingggg..... Bersepeda di Belanda pada saat anda sedang melancong ke sana? Oh, ini adalah sebuah ide yang sangat brilian. Tahukan anda bahwa bersepeda di Belanda itu spesial sekali rasanya. Jangan heran dan jangan bengong, karena Belanda adalah negara yang kecil dan pusat-pusat wisata jaraknya sangat berdekatan satu sama lain, maka bersepeda adalah salah satu pilihan yang sangat ditawarkan. Lagipula anda mungkin akan kaget jika anda baru pertama kali pergi ke Belanda ketika melihatnya banyaknya warga Belanda dan turis yang menggunakan sepeda di jalan-jalan pusat kota ataupun pedesaannya. Tahukah anda jika jumlah sepeda di Belanda itu jauh lebih banyak dari jumlah penduduknya? Umumnya, dari rumah, para pekerja akan berangkat dengan sepeda menuju central station dan memarkirnya di sana jika tempat kerja mereka terlalu jauh untuk dicapai dengan sepeda. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke tempat kerja dengan menggunakan alat transportasi umum seperti bis, tram atau train (kereta). Sore hari sepulang kerja, mereka mengambil kembali sepedanya yang tadi pagi diparkir di statsiun sentral.

hampir semua penduduk di belanda memiliki sepeda dan selalu menggunakannya untuk keperluan sehari-hari seperti ke sekolah, ke tempat kerja, atau ke pasar
sepeda para profesional (pekerja) yang diparkir di Central Station Leiden

Apa yang pertama kali anda harus lakukan untuk berwisata dengan sepeda di Belanda? Tentunya anda harus mempunyai perlengkapan penting tetapi sederhana, yaitu dengan sebuah peta. Jangan takut, di Belanda anda akan dengan mudah menemukan peta khusus untuk bersepeda (cycling) yang disediakan bagi turis. Peta ini mungkin disediakan di hotel di tempat anda menginap, ataupun mungkin dapat anda peroleh di toko-toko suvenir yang berada di spot-spot pelancong banyak berkumpul. Sebenarnya peta khusus untuk bersepeda ini sama juga dengan peta biasa, tetapi detail-detail khusus ditambahkan bagi turis yang ingin menggunakan sepeda dalam wisatanya.

Perlu anda ketahui bahwa sepeda-sepeda di Belanda itu unik-unik bentuknya. Mulai dari yang seperti kelihatan besi tua (hehehe...) hingga yang terlihat cantik dan menarik. Tapi, di mana anda yang bukan asli penduduk Belanda bisa mendapatkan sepeda untuk berkeliling sekitar wilayah tempat anda menginap? Gampang banget. Di Belanda ada banyak tempat rental sepeda. Jika anda melihat banyak sepeda dengan bentuk dan warna yang sama diparkir berjejer dengan rapi, bisa hampir dipastikan bahwa itu adalah sepeda-sepeda yang disediakan untuk disewa. Bahkan banyak yang mempunyai website khusus bagi turis untuk menyewa sepeda (booking) secara online. Cari saja melalui google. Ada banyak deh.

menyewa sepeda untuk wisata berkeliling kota-kota atau spot turis di belanda sangat menarik. Tapi jangan lupa untuk mengunci sepeda yang anda sewa agar tidak hilang.
sepeda di Belanda yang diparkir selalu digembok karena rawan hilang

Jika anda berkeliling di sekitar tempat anda menginap (hotel), yang tentunya ada di daerah spot turis berada, maka anda akan dapat dengan cepat mencapai objek-objek yang menarik bagi anda. Bisa saja anda adalah jenis wisatawan yang begitu tertarik dengan arsitektur gedung-gedung tua dan bersejarah. Nah, anda dapat membuat list gedung-gedung tua dan bersejarah mana yang akan anda datangi. Atau anda tertarik dengan tempat-tempat hiburan malam, dengan bersepeda dan menandai lokasi-lokasi pada peta khusus untuk pesepeda itu anda akan dapat mencapainya dengan mudah tanpa harus melewatkannya.

sepeda di belanda seringkali dilengkapi dengan keranjang atau kantong di belakangnya, sangat fungsional untuk tempat meletakkan barang-barang bawaan. anda boleh menyewa sepeda model ini untuk menaruh suvenir yang anda beli.
sepeda diparkir dan digembok ke pagar
Bersepeda adalah hal yang keren di Belanda. Semua orang dari anak-anak hingga para profesional menggunakan sepeda untuk mencapai sekolah atau tempat kerja mereka, jika tidak terlalu jauh, mereka lebih suka berjalan kaki. Tidak banyak orang menggunakan mobil pribadi di Belanda, kecuali mereka bepergian ke tempat yang jauh dan tidak terjangkau alat transportasi umum. Sekitar 70% perjalanan di Belanda di tempuh oleh warganya hanya dengan menggunakan sepeda.

Tidak perlu takut kesenggol mobil atau menabrak orang, karena pengendara sepeda dan pejalan kaki mendapat prioritas utama di jalan-jalan di Belanda. Untuk jalur sepeda, umumnya disediakan jalur yang cukup lebar sehingga dapat bersepeda hingga berjejer 3. Tentunya bersepeda dengan berjejer tidaklah dianjurkan karena akan mengganggu pesepeda lainnya. Jalur-jalur untuk sepeda dibuat halus dengan car merah dan tepinya dicat putih. Di sebelah kiri jalur sepeda juga disediakan jalur untuk pejalan kaki yang juga sangat lebar, biasanya diberi hamparan bata atau batako.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...