Kamis, 31 Desember 2015

Nijmegen, Pesona Kota Tua Di Perbatasan Belanda - Jerman

WisataBelanda.Blogspot.Com Sepertinya, kebanyakan turis atau wisatawan yang berkunjung ke Belanda sudah maklum bahwa di negeri kincir angin ini begitu banyak tempat wisata yang kaya akan peninggalan jaman dulu. Salah satu yang terbaik ada di Kota Nijmegen. Kota yang terletak di provinsi Gerderland merupakan salah satu kota terbesar di provinsi tersebut. Siapa nyana, Nijmegen adalah kota yang sudah berusia lebih dari 2000 tahun. Jejak-jejak berbagai peristiwa yang berkecamuk di Nijmegen ditandai dengan saksi bisu beragam bangunan dan puing-puing reruntuhan bangunan berusia tua.

valkhofpark atau taman valkhof adalah taman cantik bekas lokasi tentara Romawi berdiam pada abad pertengahan
reruntuhan bangunan Romawi pada abad pertengahan, yang menyatu dengan Valkhof Park (credit: Hermann Luyken)

Berwisata ke Belanda mungkin para turis akan mengunjungi Amsterdam, Rotterdam, Utrecht, atau kota besar lainnya seperti Leiden. Tetapi bagaimana jika Gerderland dimasukkan dalam daftar tempat yang akan dikunjungi? Tentu tidak rugi juga karena banyak hal bisa dinikmati di sini terutama di Nijmegen.

Kota Nijmegen ternyata terletak di perbatasan Belanda - Jerman. Jaraknya hanya 7 km dari Jerman, dan 24 km di sebelah selatan Arnhem. Walaupun tampak sekilas bersahaja, Nijmegen itu cantik dan eksotik. Nijmegem dapat dinikmati dengan wisata bersepeda atau berjalan kaki. Pedestriannya lebar dan teduh oleh pepohonan.

Hal-hal menarik di Kota Nijmegen misalnya taman-tamannya yang indah. Sebut saja di antaranya Taman Valkhof (Valkhofpark). Taman indah ini dibangun di atas sebuah bukit kecil. Terdapat bangku-bangku yang nyaman untuk duduk sembari memandang ke arah tepi Sungai Waal dan bagian kota Nijmegen. Sungai Waal sendiri adalah salah satu percabangan Sungai Rhine yang terkenal itu.

kota Nijmegen semakin cantik dengan sungai Waal-nya yang lebar dan jembatan Waalbrug yang indah
Waalbrug, jembatan cantik yang melintasi sungai Waal di Kota Nijmegen (credit: Maarten Takens)

Berbagai reruntuhan bangunan yang merupakan bagian dari kastil Valkhof itu merupakan sisa-sisa peninggalan bekas tentara Romawi di Nijmegen. Reruntuhan bangunan dengan arsitektur khas Romawi kuno itu begitu menyatu dengan bagian taman seperti pepohonan, perdu, dan bebungaan yang ada. Semuanya menciptakan suasana seperti di negeri dongeng, atau kalau mau realistis sih seperti berada pada atmosfer abad pertengahan.

Walaupun terkesan damai, pada musim-musim panas di mana ratusan ribu wisatawan mendatangi Nijmegen, banyak diadakan konser-konser musik open air. Ini tentunya juga menarik bagi banyak pelancong.

Selain Valkhof Park (Taman Valkhof), di Nijmegen juga terdapat sebuah museum yang patut untuk disambangi, yaitu Museumpark Orientalis. Di museum ini dipamerkan beragam benda yang memberikan pengetahuan kepada pengunjungnya tentang 3 agama yang sampai kini masih bertahan di Eropa, yaitu Yahudi, Kristen, dan Islam. Ya, Islam. Di Museumpark Orientalislah para wisatawan dapat melihat bagaimana ketiga agama ini berkembang. Museum menyajikan bagaimana asal-usul, sejarah, tradisi masyarakat, cerita, hingga ritual keagamaan dari ketiga agama tersebut. Bahkan, di luar bangunan museum disajikan 3 buah perkampungan yang berbeda, yaitu Yuda Beth (Yahudi), Roma Street (Kristen), dan Arab Village (Islam) sehingga kita bisa membayangkan bagaimana keberadaan ketiga agama tersebut di Belanda, khususnya Nijmegen.

Selain kedua spot tersebut, di Nijmegen juga terdapat hal menarik lainnya seperti Museum Het Valkhof Nijmegen yang letaknya bersisian dengan Taman Valkhof (Valkhof Park), Museum Afrika, dan National Liberation Museum  1944 - 1945. Ada juga Kronenburgerpark (Taman Kronenburger) dengan Powder Tower-nya yang terkenal. Alamat keempat museum yang disebut dalam tulisan ini adalah sebagai berikut:
Museum Het Valkhof 
Kelfkensbos 59, 6511 TB Nijmegen
Telepon 024 - 360 8805

Afrika Museum
Postweg 6,
6571 CS Berg en Dal
Telepon 024 - 684 7272

Bevrijdingsmuseum (National Liberation Museum) 1944-1945
Wylerbaan 4,
 6561 KR Groesbeek
Telepon 024 - 397 4404

Museumpark Orientalis
6564 BL Heilig Landstichting
Telepon 024 - 382 3110

Bagaimana? Tertarik memasukkan Kota Nijmegen ke dalam daftar daerah wisata dalam kunjungan anda ke Belanda?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...