Jumat, 01 Januari 2016

Kuliner Ekstrim Soused Herring di Belanda

WisataBelanda.Blogspot.Com Berani coba makan yang satu ini: Soused Herring? Buat orang biasa yang bukan asli Belanda, tentu menganggap jenis makanan yang satu ini sebagai kuliner ekstrim. Mengapa? Soused herring atau daging ikan herring mentah yang mereka sebut maatjesharing atau maatjes atau Hollandse Nieuwe tentu bisa dianggap ekstrim, terutama oleh orang Indonesia yang umumnya tidak biasa memakan ikan mentah, kecuali di beberapa daerah tertentu seperti Maluku yang dikenal dengan nama kohu-kohu atau gohu.
 
Salah satu tempat yang selalu menyajikan makanan khas ini adalah di stand tepi jalan di Volendam yang terletak di pinggir pantai Provinsi Edam-Volendam. Soused herring juga dapat ditemukan di beberapa lokasi lain seperti di Albert Cuyp Market, Amsterdam. Yang paling terkenal adalah Stubbe’s Haring di alamat Singel T.O. 8. di dekat Central Station dan Singel Canal, dan telah menjual soused herring secara turun-temurun sejak tahun 1903 dan tempat-tempat lain tentunya di seluruh kota-kota besar di Belanda.


bagi wisatawan, soused herring, maatjesharing, maatjes, hollandse nieuwe adalah kuliner ekstrim, tetapi tentu patut dicoba
cara menikmati soused herring ala Belanda (credit: Cheeseslave)

Tetapi walaupun terbilang ekstrim, kuliner yang satu ini tetap menarik minat para wisatawan untuk mencobanya. Penasaran mengapa? Soused herring itu unik mulai dari persiapan penyajian, cara menyuguhkannya kepada pembeli, hingga cara menikmatiknya.

Ikan herring yang berkerabat dekat dengan ikan sardine itu ditangkap oleh para nelayan sepanjang tahun di sekitar laut utara (North Sea), dekat dengan Denmark dan Norwegia. Ikan ini hidup bergerombol dan berenang dengan cepat. Ikan ini sangat bagus untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang bergizi tinggi. Selain itu kandungan asam lemak omega-3 nya juga sangat tinggi. Dagingnya sangat lembut (lebih lembut dari ikan sardine) dan berlemak. Ukurannya yang paling besar bisa mencapai panjang sekitar 40 cm. Ikan herring mencapai puncak produksi saat musim panas, ketika akan mulai memasuki musim bertelur.

ikan herring banyak dijumpai di daerah pesisir belanda dan disajikan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah soused herring, maatjesharing, maatjes, hollandse nieuwe
ikan herring segar yang akan dibersihkan

Ikan herring yang mempunyai nama ilmiah Clupea harengus itu jika akan disajikan sebagai kuliner ekstrim soused herring, harus memenuhi standar persiapan penyajian oleh negara-negara Uni Eropa karena beberapa populasi ikan ini dapat terinfeksi oleh larva cacing nematoda yang disebut Anasakis. Larva cacing ini dapat hidup dan berkembang menjadi dewasa di dalam saluran cerna manusia. Nah, agar ikan-ikan herring bebas dari larva anasakis ini, maka ikan herring yang baru ditangkap dibersihkan isi perutnya (kecuali hati dan pankreasnya, karena kedua bagian isi perut ikan herring ini memberikan citarasa khas pada daging ikan) harus dibekukan terlebih dahulu paling kurang selama 7 hari pada suhu minus 20 derajat celcius, atau selama 15 jam pada suhu minus 35 derajat celcius. Menurut penelitian yang dilakukan di negara-negara Uni Eropa, perlakuan ini praktis menurunkan secara drastis infeksi anasakis di wilayah-wilayah yang masyarakatnya mempunyai kebiasaan memakan ikan herring mentah.

Berikutnya, secara tradisional ikan (orang Belanda lebih suka ikan yang amsih muda dan berukuran lebih kecil) yang sudah dibersihkan dan dibekukan itu kemudian dimasukkan ke dalam tong-tong yang dibuat dari kayu pohon ek (oak) yang berisi larutan garam. Beberapa soused herring dapat juga disajikan lebih hambar (dengan sedikit garam). Untuk ikan berukuran kecil (masih muda), ikan tidak dipotong-potong kecuali dibuang bagian kepala dan tulangnya dengan menyisakan bagian ekornya sebagai pegangan saat menyantapnya.

Secara tradisional, cara menikmati ikan herring mentah ini adalah dengan menyajikannya bersama acar timun dan irisan bawang bombay mentah. Cara memakannya adalah dengan memegang bagian ekor ikan sedikit lebih tinggi di atas hidung sehingga daging ikan menggantung, dan slurp... ikan dimasukkan ke dalam mulut untuk dikunyah bersama acar dan bawang bombay yang menyertainya.

inilah tampilan soused herring, maatjesharing, maatjes, hollandse nieuwe untuk para turis yang biasa dijajakan di stand khusus yang disebut haringhandel
soused herring seharga 2 Euro (credit: Max Handelsman)

Jika anda membeli soused herring di daerah spot turis, biasanya ikan herring mentah yang disajikan berukuran lebih besar. Ikan juga diberi taburan bawang bombay dan beberapa iris acar timun yang asam. Kudapan ini disajikan di atas piring dari styrofoam leper berbentuk persegi. Karena ukurannya yang besar, maka ikan dipotong-potong menjadi 4 atau 5 bagian. Untuk menambah keunikan sebagai kuliner ekstrim khas Belanda, di atas potongan daging ikan, di antara beberapa bilah garpu kecil dari plastik ditancapkan bendera Belanda berukuran kecil.

Kuliner yang telah siap santap ini harga per porsinya ( seekor ikan yang telah dipotong-potong) adalah sekitar 2 Euro sampai 3 Euro. Anda dapat membeli soused herring di stand yang disebut haringhandel, biasanya mereka memajang poster seorang gadis berpakaian tradisional Belanda yang sedang tersenyum dan akan menyantap seekor soused herring.

sebuah poster iklan milik sebuah haringhandel yang menjual kuliner ekstrim dari belanda yang disebut soused herring, maatjesharing, maatjes, hollandse nieuwe
poster iklan sebuah haringhandel (credit: ricoeurlan)

Bagaimana rasa soused herring ini? Asam, gurih, dan mungkin asin dengan sedikit bau amis. Bagi anda yang sedang atau akan melancong ke negeri bunga tulip ini, tentunya memasukkan kuliner kecil ini sebagai salah satu bagian dalam daftar wisata yang akan dijajal.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...