Sabtu, 09 Januari 2016

Micropia, Museum Pertama Di Dunia untuk Eksplorasi Dunia Mikroba

Wisata Belanda.Blogspot.Com Micropia adalah sebuah museum satu-satunya hingga saat ini yang khusus memamerkan beragam atraksi terkait dunia mikroba. Mengunjungi museum ini akan membawa para pengunjung untuk masuk ke semesta baru yang terkesan berbeda sekali dengan apa yang biasa kita lihat, walaupun pada kenyataannya semua itu hanyalah makhluk-makhluk super kecil yang ada di sekitar kita, bahkan di tubuh kita sendiri. Yup, sebuah museum yang mempertontonkan kehidupan mikroskopis yang tak terlihat oleh mata manusia ini hanya ada di Belanda. Tepatnya, di pusat Kota Amsterdam.

penataan ruangan dan pajangan-pajangan di museum mikroorgansime yang disebut micropia ini selalu membuat wisatwan terpukau
aneka koloni mikroorganisme dalam cawan petri yang dipajang di Micropia (foto: Ciotu Cosmin)

Museum Micropia di Amsterdam ini sebenarnya adalah bagian dari Kebun Binatang yang terkenal di Belanda, yaitu Natura Artis Magistra. Museum ini tergolong sangat baru, karena baru dibuka pada tanggal 30 September 2014 yang lalu. Perlu waktu 12 tahun oleh para perancangnya untuk mewujudkan ide museum mikroba ini ke hadapan publik.

Para wisatawan tak perlu harus tertarik dengan sains untuk menyukai tempat ini, karena museum micropia menyajikan dunia ajaib, super kecil (mikroskopis) yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya. Apalagi jika anda adalah jenis wisatawan yang memang tertarik dengan mikrobiologi khususnya, micropia mampu menyajikan pengetahuan baru kepada pengunjungnya.

perbesaran mikroskop ribuan kali di tambah perlengkapan teropong 3D membuat pengunjung dapat menyaksikan realita kehidupan mikroorganisme seperti bakteri Escherchia coli yang hidup dan berkembangbiak di dalam usus besar manusia
perbesaran mikroskop ribuan kali ditambah teropong 3D membuat pengunjung Micropia takjub

Setelah mengikuti tur di dalam museum unik bernama micropia ini, pengunjung akan memperoleh resolusi baru bahwa mikrobia itu ada dan nyata. Mereka ada di mana, di makanan kita, di tempat tidur kita, di baju kita, di sekujur permukaan tubuh kita, bahkan di dalam tubuh kita. Dan tidak tanggung-tanggung, mikrobialah yang membentuk dunia di sekitar kita. Mikrobia menciptakan bau-bauan, rasa, warna, membunuh dan menghancurkan kita, hingga menyelamatkan dan mensejahterakan umat manusia. Mikrobia adalah organisme paling sukses di bumi, sekaligus paling kecil yang pernah ada. Berlebihan, tidak sama sekali.

Museum Micropia berada di Amsterdam dan sebenarnya masih merupakan bagian dari Kebun Binatang Natura Artis Magistra
salah satu sudut ruangan Micropia (foto: Gullhem Vellut)

Dunia mikrobia yang dihadirkan ke dalam ukuran kasat mata oleh Micropia, Amsterdam ini sangat indah. Bentuk-bentuk, warna, pola, dan gerakan-gerakan yang tak terbayangkan sebelumnya. Sebuah dunia ajaib dihadirkan di depan mata pengunjungnya. Pada suatu bagian dari atraksi, pengunjung dipersilakan untuk berdiri di depan sebuah layar untuk melakukan scan terhadap tubuhnya dengan mengikuti instruksi yang diberikan di layar. Selanjutnya, pengunjung yang discan itu akan melihat pada bagian tubuhnya yang mana saja mikroba berkoloni dan merebak.

museum Micropia menyajikan dunia ajaib, dunia mikroorganisme dan mikroba yang tak terbayangkan sebelumnya oleh wisatawan
kehidupan ajaib dalam tetesan air, kumpulan alga yang disebut Diatom

Semua ekshibisi yang ada merupakan bentuk-bentuk hidup (nyata) dari mikroorganisme yang kemudian diperbesar ribuan kali. Jadi seperti sedang melakukan pengamatan di bawah mikroskop. Beberapa bagian pameran museum di Micropia ini adalah tayangan-tayangan virtual yang didesain dengan apik dan indah, baik dalam bentuk film ataupun simulasi. Para wisatawan dapat menggunakan teropong 3D yang kemudian dihubungkan dengan mikroskop untuk masuk ke dalam kehidupan nyata dunia mikroorganisme yang tak terbayangkan sebelumnya. Pengunjung dapat mengamati bagaimana kehidupan mikroorganisme-mikroorganisme secara langsung dan riil.

Di beberapa stand juga disajikan berbagai macam bentuk koloni mikroorganisme dalam cawan-cawan petri yang berwarna indah apalagi diperbantukan dengan permainan tata cahaya lampu berwarna semakin membuat pegunjung seakan-akan berada di dunia antah berantah.

Penasaran bagaimana sebenarnya isi pameran museum Micropia yang ada di Kebun Binatang Natura Artis Magistra yang punya semboyan Shows The Invicible ini? Silakan mengunjungi saat berada di Amsterdam - Belanda dengan memasukkannya ke dalam daftar atraksi wisata yang harus disinggahi dalam list kunjungan anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...