Rabu, 27 Januari 2016

Daftar Festival Tahunan Di Amsterdam yang Selalu Menarik Kunjungan Wisatawan

Festival Tahunan Di Amsterdam yang Selalu Menarik Kunjungan Wisatawan


Ansterdam memang gak ada matinya. Kota ini sangat terkenal di kalangan turis yang mengunjungi Eropa, khususnya negeri kincir angin Belanda. Sepanjang tahun selalu diadakan festival-festival yang telah terjadwal dan menjadi even tahunan yang menyedot jutaan turis untuk datang ke Belanda. Festival-festival apa sajakah itu? Dan kapan kalender pelaksanaannya setiap tahun?

Chinese New Year Festival (Tahun Baru Cina)

Festival tahun baru Cina atau Chinese New Year Festival diadakan setiap bulan Februari di wilayah Zeedijk dan Chinatown.

beragam festival menarik berskala nasional maupun internasional digelar sepanjang tahun di kota Amsterdam Belanda dan menarik kunjungan turis dari mancanegara. Apa saja festival-festival itu? Baca di sini.
kemeriahan Queen's Day Festival (foto: Kevin Gessner)

Queen's Day Festival (Festival Hari Ratu)

Pada setiap tanggal 30 April Kota Amsterdam akan disemarakkan oleh Queensday Festival. Pada hari tersebut yang merupakan hari libur di Amsterdam, orang-orang akan berkumpul di kota dan berpakaian dengan warna oranye. Seluruh kota akan tampak didominasi oleh warna ini. Queensday Festival adalah perayaan hari kelahiran Sang Ratu. Pusat keramaian ada di mana-mana. Semua orang berkumpul di Amsterdam, baik penduduk yang memang warga kota Amsterdam sendiri, maupun jutaan lainnya yang merupakan penduduk dari berbagai wilayah di Belanda. Vondelpark akan menjadi tempat bermain anak-anak, menjual souvenir, hingga menampilkan atraksi-atraksi. Kafe-kafe akan menampilkan DJ-DJ terbaik dari belahan dunia, band-band populer akan mengadakan pentas. Pokoknya, ada pesta di mana-mana, baik dalam ukuran besar maupun kecil. Di tempat-tempat tertutup seperti restoran dan hotel, hingga di pinggir-pinggir jalan. Jadwal kadang bisa dimajukan jika Queensday Festival jatuh pada hari Minggu agar tidak berbenturan dengan kegiatan keagamaan kaum protestan ortodok. Oh ya, di berbagai tempat seperti central station juga digelar beragam barang souvenir yang dijajakan untuk pengunjung atau siapa saja, tetapi semuanya sekali lagi didominasi dengan warna oranye.

Art Amsterdam Festival (Festival Seni Amsterdam)

Kegiatan yang satu ini digelar setiap bulan Mei. Beragam bentuk seni modern dipamerkan di RAI Exhibiton dan Conference Centre. Pada saat festival Seni Amsterdam inilah orang-orang akan melihat bagaimana perkembangan dan koleksi paling terbaru dari galeri-galeri yang ada di Kota Amsterdam. Semua berada dan disajikan di tempat ini sehingga takkan ada yang terlewatkan.

Taste of Amsterdam Festival (Festival Citarasa Amsterdam)

Mau tahu beragam kuliner yang ada di Kota Amsterdam yang mencicipi citarasanya? Datanglah pada bulan Juni ke kota ini, karena pada setiap bulan Juni, kota Amsterdam mengadakan Taste of Amsterdam. Pada acara ini para pengunjung dapat mencoba beragam resep-resep andalan dari restoran-restoran terkenal dengan penyajian oleh chief-nya langsung.

Holland Festival (Festival Holland)

Kalau festival yang satu ini sudah sangat terkenal sekali di seluruh dunia. Holland festival merupakan festival seni tingkat dunia yang juga diadakan pada bulan Juni. Beragam jenis seni pertunjukan ditampilkan mulai dari opera, musik, teater, hingga seni tari.

Open Garden Days (Festival Buka Taman)

Pada hari-hari di bulan Juni, setiap orang dapat masuk dan melihat bagian taman dari rumah-rumah di tepi kanal (canal houses). Selain pada saat ini, kita paling-paling Cuma bisa bisa melihat bagian depan dari rumah-rumah kanal tersebut. Ternyata, dengan membayar tiket pada acara Festival Buka Taman ini, kita bisa masuk dan menikmati keindahan taman-taman tersebut, yang ternyata tak sekecil yang dikira orang. Uniknya dengan membeli satu tiket, kita dapat melihat semua taman-taman yang dibuka untuk umum pada saat acara ini berlangsung. Selain itu pengunjung juga akan disediakan perahu untuk berpindah (tur) dari satu lokasi taman ke taman lainnya.

Amsterdam Roots Festival

Hei, ini adalah festival gratis yang bersifat open air. Ada banyak penampilan musik dengan artis-artisnya. Tetapi yang unik, musik-musik yang ditampilkan adalah musik-musik yang bukan berasal dari negara-negara barat. Selain acara gratis ini juga ada pemutaran film-film berbayar dan pertunjukan teater. Amsterdam Roots Festival juga diadakan pada bulan Juni.

Julidans (Festival Tari Bulan Juli)

Ini adalah festival tarian yang berskala internasional dan menyajikan tari-tari kontemporer. Koreografi-koreografi tarian paling mutakhir akan disajikan dalam festival yang satu ini.

Vondelpark Open Air Theatre (Teater Open Air Vondelpark)

Kalau yang satu ini merupakan festival yang sangat ramai dikunjungi pengunjung. Acara asyik karena bersifat open air, dan yang paling tidak bisa  dilewatkan, karena serba gratis. Setiap hari akan ada penampil. Vondelpark Open Air Theatre diadakan di bulan Juli sampai Agustus. Sajiannya sangat beragam mulai tarian, kabaret, drama, hingga konser. Jenisnyapun mulai yang dapat dinikmati anak-anak sampai yang dewasa.

Amsterdam International Fashion Week

Festival ini sangat diminati karena menyoroti mode yang sedang berkembang dan menjadi perhatian di Belanda hingga tingkat benua Eropa. Amsterdam Fashion Week diadakan di bulan Julia atau Agustus.

Robeco Summer Concerts (Konser Robeco Musim Panas)

Acara ini merupakan festival musik klasik yang menawan yang di adakan secara rutin di Amsterdam Concert Gebouw yang amat prestisius, yang tak jauh lokasinya dari Rijksmueseum dan tanah lapang Museumplein yang terkenal itu. Musik klasik yang disajikan juga tentunya dengan orkestra yang bergengsi dan berkualitas. Robeco Summer Concert dijadwalkan setiap tahun antara Juli hingga Agustus.

De Parade

De Parade adalah sebuah festival yang digelar setiap bulan Agustus dan bertempat di Martin Luther King Park. Pada festival ini para wisatawan dapat menonton beragam atraksi menarik mulai dari sulap, tari, musik, teater, hingga animasi. Ada tenda-tenda tempat atraksi yang saling bersaing satu sama lain untuk mendapat perhatian para pengunjung.

Prinsengracht Concert (Konser Prinsengracht)

Festifal Prinsengracht Concert, sesuai namanya adalah konser musik yang diadakan setiap bulan Agustus di kanal Prisengracht. Panggung akan dibangun di tengah-tengah kanal. Sajian musik open-air akan menghibur para pengunjung, dan tentu saja gratis. Banyak wisatawan menggunakan perahu untuk menikmati konser di atas kanal ini. Ada kemeriahan yang berbeda saat mendengar dan menonton konser gratis, bercampur hiruk-pikuk dan pesta di atas perahu di kanal Prinsengracht.

Sail Amsterdam (Festival Layar Amsterdam)

Ini adalah festival yang cukup langka karena diadakan hanya 5 tahun sekali. Terakhir diadakan pada bulan Agustus 2015 barusan, dan akan digelar lagi 2020 mendatang. Penasaran? Sail Amsterdam adalah festival perahu layar dengan tiang-tiangnyanya yang tinggi. Banyak kapal atau perahu layar yang berdatangan dari negera lain. Jadi tentu saja ini sifatnya festival internasional. Bisa dibayangkan betapa festival ini adalah kemeriahan tak terkira buat para pelayar dan penggemar wisata bahari.

Uitmarkt

Festival budaya Uitmarkt ini dari sebutannya sudah dapat ditebak. Pasar! Ya, akan ada banyak pasar buku, ditemani konser musik, kemudian ada pula pentas teater. Acara ini digelar setiap tahun di akhir bulan Agustus. Oh ya, semua pentas teater dan musik gratis untuk para pengunjung atau wisatawan.

Joordan Festival

Acara meriah ini dilaksanakan di jalanan kota Amsterdam. Ada drumband atau bahkan marching band, panggung-panggung yang menampil kabaret, kemeriahan berbagai game untuk anak-anak, teater, dan pasar. Joordam Festival dilaksanakan setiap bulan September.

Robodock Art Festival (Festival Seni Robodock)

Ajang tahunan ini diselenggarakan setiap bulan September. Dari judulnya saja kita bisa tahu bahwa yang ditampilkan pada festival ini adalah seni. Tetapi lebih tepatnya lagi adalah festival seni kontemporer. Acara dilaksanakan di Amsterdam bagian utara. Pengunjung dapat pula menyaksikan pertunjukan musik, dan atraksi lain yang unik-unik.

Amsterdam Dance Event (Even Tarian Amsterdam)

Sebuah festival tari yang diadakan pada bulan Oktober, yaitu pada minggu akhir pekan kedua. Selain menyaksikan berbagai atraksi seni tari berpadu dengan musik, para wisatawan dapat pula jika tertarik mengikuti seminar, workshop, dan presentasi-presentasi.

Museum Night atau Museumnacht. (Festival Malam Museum)

Festival ini diadakan pada bulan November. Acara semacam ini sebenarnya sudah berlangsung lama, jadi konsepnya seperti jaman dulu ketika film di bioskop belum ada. Museum-museum menghadirkan beragam atraksi untuk menjadi tontonan warga. Inilah yang membuat Museum Night menjadi unik dan menarik para wisatawan untuk melihatnya.

pAn Amsterdam atau Art and Antique Fair (Pameran Barang Seni dan Antik Amsterdam)

Setiap minggu ketiga di bulan November selalu diadakan pameran barang-barang antik dan barang-barang seni terbesar di Amsterdam. Ini tentu menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para wisatawan yang suka dengan benda-benda seni dan barang-barang antik.

IDFA atau International Documentary Film Festival of Amsterdam

Ajang festival film dokumenter internasional ini diadakan di kota Amsterdam setiap bulan November. Setiap kali festival akan ditayangkan lebih dari 200 film dokumenter terbaik.

Amsterdam Light Festival (Festival Cahaya Amsterdam)

Pada festival ini para wisatawan akan terpesona oleh karya-karya para seniman dari berbagai negara. Uniknya karya seni adalah bentuk-bentuk yang menggunakan lampu dan permainan cahaya. Festival ini dinikmati pada malam hari di bulan Desember hingga Januari. Walaupun festival ini tergolong baru diadakan, tetapi telah mampu menyedot perhatian para turis untuk mengunjungi Belanda dan menyaksikan keindahan formasi-formasi yang dibuat dengan lampu-lampu warna-warni yang memunculkan efek pencahayaan yang unik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...