Kamis, 07 Januari 2016

Deltawerken atau Delta Work, Destinasi Wisata yang Variatif

WisataBelanda.Blogspot.Com Di bagian barat daya wilayah negeri kincir angin Belanda, telah dikerjakan serangkaian konstruksi dengan cakupan wilayah yang sangat luas meliputi pintu-pintu air, tanggul-tanggul, bendungan-bendungan, dan penghalang gelombang badai dari laut yang kemudian terkenal dengan sebutan deltawerken, atau delta projects, atau delta works. Area yang dilingkupi sangat luas meliputi beberapa provinsi. Wilayah deltawerken ini, yang sebenarnya sebagian berada pada posisi ketinggian di bawah permukaan laut kemudian dikembangkan menjadi tempat tinggal penduduk Belanda, kota-kota, hingga tempat-tempat wisata. Pembangunan deltawerken dimulai pada tahun 1950 sampai tahun 1997.

Mega proyek ini tentu saja membuat Belanda menjadi terkenal. Sistem pengaturan air sehingga Belanda tidak pernah (lagi) dihantam banjir meskipun posisi datarannya yang di bawah permukaan laut tadi. Nah, ketika wisatawan mengunjungi Belanda, mereka pada umumnya selalu memasukkan salah satu dari 7 keajaiban dari peradaban modern ini. Bagaimana dengan anda yang ingin atau sedang mengunjungi Netherlands (Belanda)? Apakah juga telah memasukkan deltawerken (Delta Works) ini ke dalam daftar destinasi wisata anda?

Wilayah yang Termasuk Deltawerken


Deltawerken atau Delta Works meliputi wilayah di provinsi Brabant Utara, Holland Selatan, dan Zeeland. Semua wilayah ini juga meliputi kota-kota terkenal di Belanda dengan masing-masing keunikannya.


Belanda terkenal dengan dam atau bendungan-bendungannya yang melingkupi beberapa provinsi dan mengeringkan laut untuk membuat daratan. Jika wisatawan berkunjung ke negeri ini, seharusnyalah mengunjungi wilayah-wilayah yang masuk dalam deltawerken/delta works/delta projects itu
deltawerken, Ostherschelde di Provinsi Zeeland (credit: Martin Terber)

Pembangunan mega proyek yang kemudian disebut sebagai Delta Works ini membentang di bagian barat daya Belanda untuk melindungi wilayah Belanda yang rendah posisinya tetapi sangat luas yang berada di sekitar delta Scheldt. Dengan terbangunnya konstruksi ini maka garis pantai menjadi lebih pendek, dan otomatis juga memperpendek tanggul-tanggul yang harus dibangun atau ditinggikan untuk mencegah masuknya air laut membanjiri daratan Belanda.

Di Mana Wisatawan Bisa Menikmati Bagian-Bagian Konstruksi Delta Works?

Rotterdam dan Rijnmond Area

Kota Rotterdam dan Rijnmond adalah kota pelabuhan terbesar di dunia. Wisatawan bisa masuk ke Euromast, dan melihat pemandangan dari ketinggian. Euromast adalah menara setinggi 185 meter dengan diameter 9 meter yang dibangun pada tahun 1958 sampai tahun 1960. Dari puncak menara, wisatawan dapat melihat pemandangan pelabuhan, lalu bagian daratan yang merupakan bekas reklamasi dengan pasir sehingga memusnahkan perkampungan nelayan di sekitarnya. Selain itu untuk menikmati wilayah ini juga tersedia boat tour.

Pulau-Pulau di Holland Selatan

Pulau-pulau di provinsi Holland Selatan juga merupakan tempat wisata yang menarik yang termasuk dalam Delta Works (Deltawerken). Wisatawan dapat mengunjungi Hoekse Waarde yang merupakan bekas perairan yang telah dikeringkan sehingga menjadi daratan. Wilayah di pulau-pulau Holland Selatan ini sangat disukai turis untuk bersepeda menikmati pemandangan alam khas negeri Belanda. Jika para pelancong berkunjung ke Belanda pada musim panas, maka Voorne Putte adalah tempat terbaik untuk dinikmati. Voorne Putte adalah pantai berpasir yang banyak dikunjungi wisatawan dan salah satu spot turis terkenal di Belanda. Tetapi jika wisatawan ingin bermain olahraga air, maka Goerre Overflakkee yang penuh ramai dengan turis, hotel, cottage, dan area kemping sangat cocok untuk dikunjungi.

Kota Dordrecht dan Land of Heusden



Kota Dordrecht merupakan bekas kota paling makmur di Belanda pada abad pertengahan karena posisinya yang strategis. Kota ini berbatasan dengan cagar alam Biesbosch dan juga sangat dekat dengan Kota Rotterdam, Breda dan Tilburg. Di sebuah wilayah yang disebut Land of Heusden, wisatawan dapat menikmati pemandangan tanggul-tanggul dan sungai-sungai yang menjadi ciri khas wilayah yang indah ini. Tanggul-tanggul ini adalah bukti bahwa di wilayah ini dulunya merupakan bagian dari reklamasi. Selain itu, pelancong juga dapat mengunjungi kota indah Heusden dan Woudrichem.

Daerah Schouwen-Duiveland

Awalnya daerah yang disebut Schouven-Duiveland ini merupakan wilayah yang terpencil dan sepi. Tetapi perubahan besar terjadi setelah Delta Works selesai dibangun. Wilayah yang dulu sepi dan relatif terisolir ini menjadi berkembang pesat dan menarik banyak wisatawan. Ada 3 buah bendungan dan sebuah jembatan yang menghubungkan Schouwen-Duiveland dengan Holland Selatan dan Zeeland. Di wilayah ini terdapat desa nelayan yang menarik untuk dikunjungi seperti desa Bruinisse dan desa berbentuk seperti cincin yang unik yang dikenal dengan nama Dreischor. Terdapat gundukan-gundukan bukit pasir di wilayah ini yang membentang sepanjang beberapa kilometer. Selama musim panas, daerah pesisir pantai ini menjadi spot turis yang sangat ramai.

Bevelands

Jika wisatawan melancong ke Bevelands, maka mereka akan mendapati wilayah yang indah dengan padang rumput yang menghijau sejauh mata memandang. Wilayah ini merupakan daerah pertanian yang banyak mempunyai kebun buah-buahan, tanggul-tanggul dan kebun bunga. Terdapat monumen-monumen terkenal di sini, terutama di Kota Goes. Wisatawan umumnya menikmati daerah ini dengan bersepeda melewati rute-rute yang memang dibuat khusus dan dijaga keindahannya. Ada juga kota kecil bernama Oosterchelde di mana wisatawan dapat melihat budidaya kerang dan tiram.
Selain tempat-tempat, dan wilayah yang disebut di atas, masih banyak lagi tempat-tempat dan destinasi wisata lain di lingkup Delta Works yang tak dapat disebutkan di tulisan ini satu persatu seperti Barony of Breda, Zeeland-Flanders, dan sebagainya.
The Deltaworks' visitor centres
Sementara untuk bagian konstruksi (bangunan-bangunan) dari Delta Works (Deltawerken atau Delta Projects) yang terbuka untuk umum atau wisatawan misalnya adalah Bendungan (Dam) Haringvliet, Barrier Maeslant, Terowongan Westerschelde, dan Barrier Oosterschelde seperti ditunjukkan gambar di atas. Turis juga dapat melakukan studi tour untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak mengenai apa itu sesungguhnya Delta Works yang dimasukkan ke dalam 7 Keajaiban Dunia Modern bila berkunjung Pusat-Pusat Pengunjung (Visitor Center) yang terdapat di beberapa lokasi. Biasanya para wisatawan akan berjalan-jalan santai atau bersepeda menikmati bendungan-bendungan dan barrier yang mencegah masuknya air laut ke daratan dan sebagian barirer ini dapat dibuka-tutup padahal konstruksinya berukuran sangat besar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...