Selasa, 12 Januari 2016

West Frisian Islands, Destinasi Wisata Menarik di Belanda

WisataBelanda.Blogspot.Com Waddeneilanden, begitu orang Belanda menyebut pulau-pulau yang membentang dari wilayah Belanda yang menuju ke arah Denmark. Kepulauan ini disebut juga West Frisian Islands, dalam bahasa Inggris. Di Belanda, pulau-pulau ini populer sebagai tempat wisata yang menarik banyak minat turis. Para wisatawan dapat menginap di cottage-cottage yang tersedia, bersepeda melalui jalur-jalur dan rute dengan bentang alam yang khas, berkemah, atau sekedar bersantai di tepian pantai pulau-pulaunya. Di Pulau Terschelling, setiap tahunnya juga diadakan festival Oerol selama 10 hari berturut-turut, di mana dalam festival ini disajikan beragam pertunjukan musik dan sebi visual.

sunset indah di pantai berpasir Ameland, West Frisian Islands - Belanda
sunset indah di Ameland

West Frisian Islands merupakan gugusan pulau yang memisahkan Laut Utara (North Sea) dengan Wadden Sea (Laut Wadden) yang dangkal dengan wilayah pasang-surutnya yang berlumpur. Di wilayah gugusan kepulauan West Frisian ini terdapat beberapa pulau yang dijadikan wilayah reservasi alam seperti Pulau Griend, Pulau Rottumerplaat, dan Rottumeroog yang ketiganya tidak berpenghuni. Untuk memasuki pulau ini diperlukan ijin khusus.

rekreasi rame-rame di pantai berpasir lembut Schiermonnikoog tentunya sangat menyenangkan untuk para wisatawan
Rame-rame di pantai berpasir lembut Schiermonnikoog

Sebagai negara yang terkenal dengan wilayah-wilayah lautnya yang direklamasi, Belanda untuk wilayah yang disebut Wieringen, dahulunya merupakan sebuah pulau. Jejak reklamasi bagian lautnya yang membuatnya menyatu dengan daratan utama di daerah itu masih dapat dilihat, sehingga Weiringen bukan lagi merupakan pulau bagian dari West Frisian Islands. Reklamasi untuk menyatukan pulau Weiringen dengan daratan utama dilakukan pada tahun 1930 silam. Sebuah periode yang cukup lama.

melewatkan malam dengan berkemah di schiemonnikoog, pemandangan menjelang malam yang memukau di Pulau Schiemonnikoog
pemandangan menjelang malam yang memukau di Pulau Schiemonnikoog
Sebagian besar West Frisian Islands dihuni, misalnya Pulau Ameland, Pulau Texel, Pulau Vlieland, Pulau Schiermonnikoog dan Pulau Terschelling. Setiap pulau-pulau yang dihuni ini memiliki keunikannya masing-masing karena karakteristik penduduknya, kemungkinan-kemungkinan atraksi wisata yang disajikan untuk pelancong, dan bentang alamnya. Misalnya saja Pulau Texel dan Terschelling, lebih banyak dikunjungi wisatawan pada saat summer (musim panas).Texel sendiri merupakan pulau yang masuk ke dalam wilayah provinsi Noord Holland (Holland Utara), sementara 4 pulau lainnya masuk ke dalam wilayah provinsi Friesland.


Keunikan alam Wadden Sea yang merupakan wilayah pasang surut berlumpur menjadi tempat hidup dan singgah burung-burung yang sedang bermigrasi. Wilayah ini akan padat oleh burung-burung yang beristirahat dan mencari makan, sehingga juga menjadi tempat hidup bagi berbagai mamalia laut seperti anjing laut abu-abu. Atraksi unik ini banyak disukai oleh para wisatawan yang memang suka dengan alam liar.


Seperti disebutkan di awal, West Frisian Islands menawarkan beragam jenis wisata untuk para turis. Di sana wisatawan akan menemukan restoran dan pub yang ramai dikunjungi, tempat belanja souvenir, beragam galeri, hingga peternakan dan lahan pertanian yang telah diolah secara turun-temurun, dan juga pedesaan Noord Holland dan Friesland yang khas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...